Selasa, 01 Maret 2011

Bisnis Gak Harus Rumit


Apa kabar? pagi ini saya mau share pengalaman saya memberikan motivasi bisnis di depan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNESA Surabaya pada hari sabtu, 26 Februari 2011 kemarin. Materi yang saya sampaikan
" Business,Why Not?" (yang berminat mendapatkan materinya, bisa hubungi saya via email di didiek.raffclothing@gmail.com)

Intinya saya ingin memberikan alternatif berfikir bagi adek adek mahasiswa untuk tidak terjebak dalam kancah persaingan mencari kerja setelah lulus nanti. Dan, saya juga ingin mereka bisa merintis bisnisnya walaupun masih duduk di bangku kuliah.

Saya sendiri membangun bisnis baju muslim modern RAFFClothing & Dizhwar setelah belasan tahun bekerja di perusahaan orang. Kalau mereka bisa memulai nya sejak dini insya Allah hasilnya sangat optimal.

Ada satu hal yang menarik. Ada satu mahasiswa yang menjalankan bisnis jualan kue di area kampusnya. Kejeliaannya menangkap peluang banyaknya mahasiswa yang tidak sempat sarapan membuahkan omset yang tidak bisa diremehkan apalagi untuk kantong mahasiswa.

Awalnya dia mencari pembuat kue yang bersedia bekerja sama secara konsinyasi dengan menyelidiki di pengepul kue di pasar. Setelah kesepakatan dicapai, dia mulai membuka lapaknya.Saat ini per hari nya terjual 250-400 kue!!! hanya dengan modal Rp 30.000,-. Kalau ndak laku,kue bisa dikembalikan. Risiko bisnis yang sangat kecil kan?

Mari kita hitung secara kasar berapa nett profitnya: misal keuntungan konsinyasi Rp 250/kue x rata rata 300 pcs terjual berarti dia mendapat untung bersih Rp 75.000,-/hari dan dalam sebulan berarti minimal Rp 2.250.000,-. Insya Allah ini sudah cukup untuk bayar kos,foto copy,makan, dll. Gak rumit bukan? Dan yang pasti bisa mandiri sedini mungkin dan tidak membebani orang tua.

15 komentar:

  1. ok juga tuh gan,, aku juga pengen ah,,
    makasih ya gan aku jadi terinsfirasi nih

    BalasHapus
  2. saya setuju jika kita tidak termakan siklus lulus kuliah langsung kerja, tapi kita perlu merubah pola pikir kita untuk maju, menjadi enterpreneur itu sebenarnya lebih menjanjikan, bagus lagi kalau sudah dimulai saat kita masih sekolah/kuliah. Keep it up bro! Sukses selasu

    BalasHapus
  3. kunjungan balik :
    sudah dicek nih gan linknya terima kasih, linknya agan juga sudah saya ganti yang ini . . sukses buat agan deh !!!

    BalasHapus
  4. betul gan, skrg ini bnyk sarjana yg nganggur, kalo ga berani memulai usaha, mau hidup darimana?

    BalasHapus
  5. blog walking bro sambil baca-baca. infonya menarik

    BalasHapus
  6. This truly is a very important blog. Thanks for sharing this valuable information with us.

    BalasHapus
  7. Mahasiswa harus kreatif.. :)

    BalasHapus
  8. ok juga tuh gan,, aku juga pengen ah,,
    makasih ya gan aku jadi terinsfirasi nih .....


    mksh ya gan......

    BalasHapus
  9. cerita yang sangat inspiratif dan membakar semangat untuk bisa mandiri... sayang masih baru bisa kerja.. semoga saja ada perubahan nasib... uang segitu jelas bukan uang kecil... masih lebih gede daripada gaji saya...

    BalasHapus