Minggu, 20 Februari 2011

Apa Bisa Usaha Tanpa Hutang?


Akhir-akhir ini pikiran saya dipenuhi pertanyaan di atas. Yang lazim selama ini orang usaha ujung-ujungnya pasti pakai fasilitas hutang bank. Nah, 1 bulan belakangan saya 'ketemu' sama yang namanya Pak Hepi Trenggono di website beliau dan mempelajari pemikiran-pemikiran beliau yang totally fresh.

Siapa beliau ini? dan apa menariknya konsep beliau? Yang saya tau dari berbagai sumber, beliau pernah mengalami proses hutang ber milyar-milyar hingga sekarang berbalik kondisinya dengan aset kalau gak salah 7 T!!!.Subhanallah....

Saya pribadi menjalankan bisnis baju online RAFFClothing dan Kaos Distro DizhwarAlhamdulillah sampai detik ini mengandalkan kekuatan pribadi. Saya yakin banyak yang berfikir jelas aja pasti modal tabungannya besar. Maaf, buat yang berfikiran begitu, anda keliru. Saya mengakhiri karir profesional tgl 1 Novemner 2009. Dan bisnis baju online ini baru dimulai bulan Desember 2009. Saat itu kami memulai dengan sangat minim. Modal kami dapat dari menjual mobil Innova yang terhitung masih gres dan diganti dengan mobil second.Selisihnya kami jadikan modal usaha dan untuk pengeluaran hidup sehari-hari. Pengetatan dan efisiensi kami lakukan di segala bidang.Ibarat kata kami sekeluarga kembali ke titik nol. Alhamdulillah, anak-anak yang masih kecil bisa memahami kondisi ini. Insya Allah, ke depan kami akan sharing lebih mendalam strategi efisiensi untuk memulai bisnis. Intinya kita tidak boleh gengsi.

Kami memulai dari skala kecil 1 atau 2 lusin.Alhamdulillah, saat ini bisa berkembang dengan mitra distributor sebanyak 32 di berbagai daerah seantero Indonesia dengan puluhan atau bahkan ratusan agen.

Kembali ke pak Hepi Trenggono, ada ucapan beliau yang sangat mengena di hati. Jadilah orang yang sukses bukan 'keliatan' sukses. Maksudnya, mobil mentereng, kantor megah, pegawai banyak, cabang dimana mana, tapi cashflow amburadul.

Persisnya seperti apa konsep bisnis beliau, saya belum memahami benar. Saya baru rencana mengikuti workshop beliau tanggal 15 Maret nanti. Insya Allah di share di blog ini.

Sekian buah pikiran saya, semoga bermanfaat. Salam sukses penuh berkah!

9 komentar:

  1. This really good product, I like a lot.

    BalasHapus
  2. Kalau menurut saya tergantung dari skala bisnisnya. Kalau maunya langsung besar dan tidak ada modal memang harus meminjam dari pihak lain. Namun tidak harus selalu bank karena bisa juga kita berkolaborasi dengan kawan. Dia yang punya modalnya kita yang mempunyai skillnya dan hasilnya dibagi 2. BTW mas blog ini sudah saya masukkan ke daftar blog do follow sesuai permintaan yakni di http://dofollow.jimmykurniaindradjaya.com/2008/11/11/daftar-blog-indonesia-yang-do-follow/ Mohon kalau mas berkenan agar blog saya http://jimmykurniaindradjaya.com juga bisa dimasukkan ke blogroll blog mas ini sehingga kita saling menguntungkan. Tks

    BalasHapus
  3. iya gan makasih buat infonya ,, semoga sukses terus gan

    BalasHapus
  4. yang penting harus direncanakan dari jauh2 hari supaya ga perlu berhutang.......

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas sharing pengalamannya mas. Ditunggu sharing selanjutnya.

    BalasHapus
  6. workshop sangat berguna buat belajar dari pengalaman orang lain.
    semoga sukses..

    BalasHapus
  7. semoga bermanfaat nih infonya , semoga bermanfaat nih

    BalasHapus
  8. Jadikan hidup kita bebas dari hutang............visit to my blog http://arjermania.co.cc

    BalasHapus
  9. salam kenal .
    makasih buat infonya .

    BalasHapus