Minggu, 17 Oktober 2010

Bisnis Ala Anak Kelas 3 SD

Tulisan kali ini akan mengulas salah satu buku yang lagi getol saya baca yaitu "Start-Up Business Wizards" oleh Laksita Utama Suhud. Saya tau informasi tentang beliau dan karyanya dari milis Tangan di Atas.

Buku ini bagus banget dan sangat saya rekomendasikan buat anda yang sedang membangun bisnisnya atau yang baru punya ide untuk berbisnis. Buku ini juga menjadi acuan saya untuk mengembangkan bisnis distro saya.

Bab favorit saya adalah yang mengupas tentang marketing. Salah satu Strategi Marketing yang diajarkan adalah "Dapatkan Referral dari Pelanggan Anda". Kadang kita tidak sadar merekomendasikan toko tertentu kepada teman karena kita merasa nyaman dengan pelayanan toko tersebut. Inilah yang dinamakan referral. Dan, referral merupakan energi luar biasa yang akan mendorong kemajuan usaha kita jauh lebih cepat daripada yang pernah kita bayangkan (hal.183)

"Kekuatan referral 1300% jauh lebih kuat daripada iklan termahal yang bisa anda bayar" (hal.188)

Tanpa saya sadari, si sulung Fia anak saya yang masih kelas 3 SD sudah menerapkan prinsip referral ini di bisnis kecilnya. Dia kerap membawa katalog RAFFClothing - Kaos Anak Islami yang merupakan salah satu cabang bisnis saya. Di sekolah dia bagi bagikan katalog ini dan dia bisa menjelaskan harga produk dan macam artikel pada teman maupun ustadzahnya.

Lambat laun mulai ada yang membeli Kaos Anak jualan Fia. Setiap hari selalu ada orderan dari teman maupun ustadzah nya. Dengan telaten dia siapkan order tsb. Dan tidak lupa menagih komisi pada saya. Perjanjiannya setiap satu kaos dia dapat komisi 10%. Ketika saya tanya apa resepnya kok bisa setiap hari dapat pelanggan baru. Dia bilang teman yang sudah beli selalu cerita pada teman yang lain sehingga dia selalu dapat pelanggan baru dari efek 'words of mouth'.

Ternyata sehebat apapun tips bisnis yang penting adalah action. Dan, si kecil Fia sudah mepraktekkan tanpa dia tau apa itu prinsip referra. What do you think?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar